PENGANTAR TEORI MANAJEMEN DAN FUNGSI
MANAJEMEN
Di
S
U
S
U
N
Oleh:
AGUSSALIM
NPM
: 12103111017
FAKULTAS PERTANIAN AGROTEKNOLOGI
UNIVERSITAS JABAL GHAFUR
GLEE GAPUI-SIGLI
2015
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah yang telah memberikan hikmah, hidayah, kesehatan serta umur yang panjang
sehingga makalah ini yang berjudul “Pengantar
Teori Manajemen Dan Fungsi Manajemen” ini dapat terselesaikan.
Sholawat serta salam senantiasa kita limpahkan kepada junjungan alam
nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari alam yang berliku-liku
menuju alam yang lurus. Amin
Kami menyadari sepenuhnya, bahwa dalam penulisan makalah ini jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bisa
membangun menuju kesempurnaan dari pada pembaca untuk kesempurnaan makalah
selanjutnya.
Sigli, April 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.............................................................................................. i
DAFTAR ISI ............................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN....................................................................................... . 1
1.1 Latar Belakang ........................................................................................ 1
1.2 Rumusan Masalah..................................................................................... 1
1.3 Tujuan ...................................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN ........................................................................................ 3
2.1. Pengertian Manajemen Menurut Definisi Para Ahli
Manajemen........... 3
2.2. Sejarah Manajemen................................................................................ 4
2.4.
Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen........................................................... 5
2.4. Konsep Dasar Manajemen...................................................................... 7
2.5. Tingkatan Manajemen............................................................................ 7
2.6.
Proses Manajemen............................................................................. 9
2.7.
Fungsi-Fungsi Manajemen................................................................. 10
2.8.
Elemen Dasar Manajemen................................................................. 11
2.9.
Bidang-Bidang Manajemen............................................................... 12
2.10.
Manajemen Dalam Berbagai Aspek................................................. 12
BAB
III PENUTUP ................................................................................................ 14
3.1
Kesimpulan .......................................................................................... 14
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................. 15
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Istilah manajemen berasal dari kata management (Bahasa Inggris), berasal
dari kata “to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana. Sehingga
manajemen dapat diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin
semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang sedang dikerjakan dapat
mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya . Sedangkan pengertian umumnya
Manajemen adalah proses merencana, mengorganisasi, mengarah-kan,
mengoordinasikan serta mengawasi kegiatan mencapai secara efisien dan efektif
tujuan organisasi atau Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan
yang telah ditetapkan (Stoner).
Manajemen merupakan ilmu dan seni dimana terdapat
4 utama fungsi yaitu dalam manajemen: Perencanaan (Planning),
Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing), dan Pengawasan
(Controlling)
1.2 Rumusan Masalah
Dalam penyusunan makalah pengantar manajemen ini, penulis
merumuskan beberapa masalah berhubungan dengan pembahasan :
1. Pengertian Manajemen menurut para ahli
2. Sejarah manajemen
3. Prinsip-Prinsip dasar Manajemen
4. Konsep dasar Manajemen
5. Tingkatan Manajemen dan Proses Manajemen
6. Fungsi-Fungsi Manajemen
7. Elemen dasar Manajemen dan
Bidang-bidang Manajemen
8. Manajemen dalam berbagai aspek
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah dengan materi pengantar
manajemen ini yaitu sebagi berikut :
1. Untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai
manajemen dalam kehidupan
2. Dapat memahami bagaimana cara memanage
dalam berbagai bidang dan kehidupan sehari-hari.
3. Untuk mengajarkan kita mengenai dasar-dasar
manajemen
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen Menurut
Definisi Parah Ahli Manajemen
Manajemen berasal dari kata management (Bahasa Inggris), berasal dari
kata “to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana. Sehingga manajemen
dapat diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang
yang menjadi bawahannya agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan karena munculnya para ahli para ahli
manajemen , definisi manajemen berkembang menjadi banyak , berikut definisi
manajemen menurut para ahli manajemen :
1.
Harold
Koontz & O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul “Principles of Management”
mengemukakan, “Manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu
tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain” (Dayat, n.d,p.6).
2.
George
R. Terry dalam buku dengan judul “Principles of Management” memberikan
definisi: “Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan
pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya” (Dayat, n.d,p.6).
3.
Ensiclopedia
of The Social Sciences Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu
tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.
4.
Mary
Parker Follet Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang
lain.
5.
Thomas
H. Nelson Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide,
fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
6.
James
A. F. Stoner Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan
menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
2.2 Sejarah Manajemen
1. Manajemen dapat dianggap sebagai suatu seni
atau ilmu atau profesi.
2. Manajemen sukses ada semenjak tahun 5000 SM
dan berkembang terus sampai saat ini melalui pendekatan klasik, perilaku
kuantitatif dan modern.
3. Perkembangan terakhir manajemen berupa
pemikiran tentang kriteria sukses dari perusahaan konsultan McKinsey.
4. Sejarah manajemen abad ke 19
ü Pada pertengahan abad 19, Robert Owen, Henry
Poor, dan M. Laughin
dan lain lain
memperkenalkan elemen manusia dengan teori pelatihan, motivasi, struktur
organisasi dan kontrol pengembangan pekerja.
ü Pada akhir abad 19, pelaku ekonomi marginal
Alfred Marshall dan Leon Wairas dan lainnya memperkenalkan lapisan baru yang
kompleks ke teori manajemen. Pada 1990an manajer mencoba mengganti teori mereka
secara keseleruhan berdasarkan sains.
5 . Sejarah manajemen abad ke 20
Teori pertama tentang manajemen yang lengkap muncul sekitar tahun 1920.
Orang seperti Henry Fayol dan Alexander Church menjelaskan beberapa cabang
dalam manajemen dan hubungan satu sama lain.
ü Peter Drucker menulis salah satu buku paling
awal tentang manajemen terapan: "Konsep Korporasi" (Concept of the
Corporation), diterbitkan tahun 1946. Buku ini muncul atas ide Alfred Sloan
(chairman dari General Motors) yang menugaskan penelitian tentang organisasi.
ü H. Dodge, Ronald Fisher, dan Thorton C Fry
memperkenalkan teknik statistika ke dalam manajemen. Pada tahun 1940 an,
Patrick Blackett mengkombinasikan teori statistika dengan teori mikro ekonomi
lahirlah ilmu riset operasi. Riset operasi, sering dikenal dengan "Sains
Manajemen", mencoba pendekatan sains untuk menyelesaikan masalah dalam manajemen,
khususnya di bidang logistik dan operasi.
2.3 Prinsip – Prinsip Dasar Manajemen
Prinsip
manajemen adalah dasar-dasar atau pedoman kerja yang bersifat pokok yang tidak
boleh diabaikan oleh setiap manajer/pimpinan. Dalam prakteknya harus diusahakan
agar prinsip-prinsip manajemen ini hendaknya tidak kaku, melainkan harus luwes,
yaitu bisa saja diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Prinsip-prinsip manajemen
terdiri atas :
1. Pembagian kerja yang berimbang Dalam
membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada semua kerabat kerja, seorang manajer
hendaknya bersifat adil, yaitu harus bersikap sama baik dan memberikan beban
kerja yang berimbang.
2. Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab
yang tegas dan jelas Setiap kerabat kerja atau karyawan hendaknya diberi
wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan mempertanggung
jawabkannya kepada atasan secara langsung.
3. Kesatuan perintah Setiap karyawan atau
kerabat kerja hendaknya hanya menerima satu jenis perintah dari seorang atasan
langsung (mandor/kepala seksi/kepala bagian), bukan dari beberapa orang yang
sama-sama merasa menjadi atasan para karyawan/kerabat kerja tersebut.
4. Disiplin Disiplin adalah kesedian untuk
melakukan usaha atau kegiatan nyata (bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang
menjadi tugas dan tanggung jawabnya) berdasarkan rencana, peraturan dan waktu
(waktu kerja) yang telah ditetapkan.
5. Kesatuan arah Kegiatan hendaknya mempunyai
tujuan yang sama dan dipimpin oleh seorang atasan langsung serta didasarkan
pada rencana kerja yang sama (satu tujuan, satu rencana, dan satu pimpinan).
Jika prinsip ini tidak dilaksanakan maka akan timbul perpecahan diantara
para kerabat kerja/karyawan. Karena ada yang diberi tugas yang banyak dan ada
pula yang sedikit, padahal mereka memiliki kemampuan yang sama
(Dayat,n.d,pp.7-9).
Manajemen adalah proses pencapaian tujuan melalui kerja orang lain.
Dengan demikian berarti dalam manajemen terdapat minimal 4 (empat) ciri, yaitu:
1. Ada tujuan yang hendak dicapai
1. Ada tujuan yang hendak dicapai
2. Ada
pemimpin (atasan)
3. Ada
yang dipimpin (bawahan)
4. Ada kerja sama.
2.4 Konsep Dasar Manajemen
Konsep Dasar Manajemen
1. Manajemen adalah proses merencana,
mengorganisasi, mengarah-kan, mengoordinasikan serta mengawasi kegiatan
mencapai secara efisien dan efektif tujuan organisasi.
2. Proses manajemen dilakukan oleh manajemen
bawah, menengah dan puncak.
3. Manajemen dalam pengertian orang menjalankan
peranan melakukan hubungan pribadi, pemberi informasi dan pengambil keputusan.
4. Manajemen harus berketerampilan konseptual,
manusiawi, dan teknis.
2.5 Tingkatan Manajemen
a. Strategic
control level
b. Management
control level
c. Operational
control level
1. Manajer pada tingkat tertinggi hirarki
organisasi , seperti direktur dan para wakil direktur, sering disebut berada
pada tingkat perencanaan strategis. Bertanggung jawab atas pengelolaan
organisasi secara keseluruhan. Menetaplan arah kebijaksanaan, membuat rencana
dan sasaran jangka panjang, merumuskan strategi, menyusun prosedur operasional
organisasi secara umum, serta menetapkan pedoman interaksi organisasi dengan
lingkungannya. Jadi, manajer tingkat atas memerlukan informasi berupa ringkasan
dari seluruh transaksi yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Informasi
dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik, yang penting berupa informasi
global dari seluruh transaksi yang terjadi.
2. Manajer tingkat menengah mencakup manajer
wilayah, direktur produk dan kepala divisi, berada pada tingkat pengendalian
manajemen. Bertanggung jawab atas pengelolaan organisasi berdasarkan
departementalisasi, wilayah, produk atau divisi. Merumuskan rencana dan sasaran
operasional jangka menengah, merumuskan strategi, menyusun prosedur, melakukan
pengendalian dan membuat keputusan operasional berdasarkan lingkup tanggung
jawabnya. Jadi, manajer tingkat menengah memerlukan informasi berdasarkan
divisinya. Khusus untuk departemen persedian barang, majer membutuhkan
informasi rinci tentang produk yang laris, sehingga dapat dibuat perencanaan
yang matang untuk menjamin persedian produk tersebut.
3. Manajer tingkat bawah, mencakup kepala
departemen, supervisor, pimpinan proyek, berada pada manajen tingkat
pengendalian operasional. Bertanggung jawab atas pelaksanaan rencana dan
sasaran operasional, membuat keputusan jangka pendek berdasarkan arah
kebijakan, prosedur dan pedoman yang telah ditetapkan, serta mengendalikan
transaksi harian. Jadi manajer tingkat ini membutuhkan informasi rinci dari
pergerakan setiap transaksi agar dapat melakukan control terhadap proses
tersebut.
2.6 Proses Manajemen
Proses
Manajemen
a. Input
(sumber daya)
- Man, materials, money, machine, method,
information
b. Proses
- Perencanaan : menilik tujuan dan cara
pencapaian
- Pengorganisasian : pemenuhan tanggung jawab
untuk pencapain tujuan
- Kepemimpinan : menggunakan pengaruh untuk
memotivasi bawahan
- Pengendalian : mengawasi kegiatan dan
melaksanakan koreksi
c. Output
(kinerja)
- Mencapai tujuan, produk, jasa, efisiensi,
efektivitas
2.7 Fungsi-Fungsi Manajemen
Fungsi
- Fungsi Manajemen terdiri dari :
l)
Fungsi perencanaan
Pada hakekatrya perencanaan merupakan proses pengambilan keputusan yang
merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan/tindakan-tindakan ekonomis dan efektif
pada waktu yang akan datang. Pross ini memerlukan pemikiran tentmg apa yang
perlu dikerjakan, bagaimana dan di mana suatu kegiatan perlu dilakukan serta
siapa yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaannya.
2) Fungsi pengorganisasian
Fungsi Pengorganisasian dapat didefinisikan sebagai proses menciptakan
hubungan-hubungan antara fungsi-fungsi, personalia dan faktor fisik agar
kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada
pencapaian tujuan bersama.
3) Fungsi pengarahan
Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang menstimulir tindakan-tindakan
agar betul-betul dilaksanakan. Oleh karena tindakan-tindakan itu dilakukan oleh
orang, maka pengarahan meliputi pemberian perintah-perintah dan motivasi pada
personalia yang melaksanakan perintah-perintah tersebut.
4) Fungsi pengkoordinasi
Suatu usaha yang terkoordinir ialah di mana kegiatan karyawan itu
harmonis. terarah dan diintergrasikan menuju tujuan-tujuan bersama. Koordinasi
dengan demikian sangat diperlukan dalam organisasi agar diperoleh kesatuan
bertindak dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
5) Fungsi pengawasan
Fungsi pengawasan pada hakekatnya mengatur apakah kegiatan sesuai dengan
persyaratan-persyaratan yang ditentukan dalam rencana. Sehingga pengawasan
membawa kita pada fungsi perencanaan. Makin jelas. lengkap serta terkoordinir
rencana-rencana makin lengkap pula pengawasan.
2.8 Elemen
Dasar Manajemen
a.
Manajemen
beroperasi melalui bermacam fungsi, biasanya digolongkan pada perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan/motivasi dan pengaturan.
b.
Perencanaan:
memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan (hari ini, minggu depan, buland
epan, tahun depan, setelah lima tahun, dsb.) dan membuat rencana untuk
dilaksanakan
c.
Pengorganisasian:
membuat penggunaan maksimal dari sumberdaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan
rencana dnegan baik Leading/Kepemimpinan dan motivasi: memakai kemampuan di
area ini untuk membuat yang lain mengambil peran dengan efektif dalam mencapai
suatu rencana
d.
Pengendalian:
monitoring memantau kemajuan rencana, yang mungkin membutuhkan perubahan
tergantung apa yang terjadi
2.9 Bidang - Bidang Manajemen
Bidang
Manajemen
a. Manajemen Sumber Daya Manusia.
b. Manajemen Operasi atau Produksi
c. Manajemen Strategi.
d. Manajemen Pemasaran.
e. Manajemen Keuangan.
f. Manajemen Informasi Teknologi.
2.10 Manajemen
Dalam Berbagai Aspek
Ø Penerapan Manajemen dalam Dunia Kerja
Penerapan manajemen dalam dunia kerja mempunyai beberapa fungsi – fungsi
diantaranya adalah :
1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa
yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk
menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi
tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil
tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat
digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses
terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi
lainnya tak dapat berjalan.
2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan
dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih
kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan
menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah
dibagi-bagi tersebut.
3. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara
menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya,
bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas
tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
4. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan
untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran
sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha .
a. Penerapan Manajemen Dalam Kehidupan
Sifat dasar manusia yaitu selalu tidak pernah puas dengan apa yang telah
ada maka manusia akan berusaha untuk mencari atau memperluas bahkan menambah
usaha-usaha mereka dalam tujuan pokoknya yaitu memenuhi kebutuhan sehari-hari
mereka, contohnya banyak diantara karyawan swasta yang mempunyai berbagai usaha
sampingan seperti contoh seorang pegawai swasta yang merangkap sebagai
pengusaha toko pakaian atau butik.
b. Manajemen Keuangan Perusahaan
Manajemen Keuangan adalh aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan
untuk memperoleh sumber modal yang semurah-murahmya dan menggunakannya
se-efektif, se-efisien, seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Manajemen merupakan ilmu dan seni dimana terdapat
4 utama fungsi yaitu dalam manajemen: Perencanaan (Planning),
Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing), dan Pengawasan
(Controlling)
Demikian makalah yang dapat saya sajikan mengenai
materi Pengantar Manajemen yang merupakan pembahasan
dalam makalah ini, dan tentu masih terdapat banyak kekurangan dan
kesalahan, karena kurangnya pengetahuan dan kurangnya mempelajari serta
mereferensi yang ada hubungannya dengan materi makalah tersebut.
DAFTAR PUSAKA
Pohan, D 2009. Pengantar manajemen pendidikan
pohan center press
www.id.wikipedia.org, 5 Nopember 2007
http://chike-libra.blogspot.com/2010/01/pengantar-manajemen.html
http://luluk.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7568/Pertemuan%20pertama.ppt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar