Sabtu, 17 Oktober 2015

MAKALAH PENGANTAR TEORI MANAJEMEN DAN FUNGSI MANAJEMEN

PENGANTAR TEORI MANAJEMEN DAN FUNGSI 
MANAJEMEN

                                                            
                                                                        Di
S
U
S
U
N

 Oleh:

AGUSSALIM
NPM : 12103111017




logo.jpg
                                                                       

         FAKULTAS PERTANIAN AGROTEKNOLOGI
         UNIVERSITAS JABAL GHAFUR
         GLEE GAPUI-SIGLI
    2015



KATA PENGANTAR

            Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan hikmah, hidayah, kesehatan serta umur yang panjang sehingga makalah ini yang berjudul Pengantar Teori Manajemen Dan Fungsi Manajemenini dapat terselesaikan.
Sholawat serta salam senantiasa kita limpahkan kepada junjungan alam nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari alam yang berliku-liku menuju alam yang lurus. Amin
Kami menyadari sepenuhnya, bahwa dalam penulisan makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bisa membangun menuju kesempurnaan dari pada pembaca untuk kesempurnaan makalah selanjutnya.


Sigli,    April 2015


Penyusun





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................. i
DAFTAR ISI ............................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... . 1
1.1  Latar Belakang ........................................................................................ 1
1.2  Rumusan Masalah..................................................................................... 1
1.3  Tujuan ...................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN  ........................................................................................ 3
2.1. Pengertian Manajemen Menurut Definisi Para Ahli Manajemen........... 3
2.2. Sejarah Manajemen................................................................................ 4
2.4. Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen........................................................... 5
2.4. Konsep Dasar Manajemen...................................................................... 7
2.5. Tingkatan Manajemen............................................................................ 7
2.6. Proses Manajemen.............................................................................     9
2.7. Fungsi-Fungsi Manajemen.................................................................   10
2.8. Elemen Dasar Manajemen.................................................................   11
2.9. Bidang-Bidang Manajemen...............................................................   12
2.10. Manajemen Dalam Berbagai Aspek.................................................   12

BAB III PENUTUP ................................................................................................ 14
3.1     Kesimpulan .......................................................................................... 14

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 15

                                    


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Istilah manajemen berasal dari kata management (Bahasa Inggris), berasal dari kata “to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya . Sedangkan pengertian umumnya Manajemen adalah proses merencana, mengorganisasi, mengarah-kan, mengoordinasikan serta mengawasi kegiatan mencapai secara efisien dan efektif tujuan organisasi atau Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner).
Manajemen merupakan ilmu dan seni dimana terdapat 4 utama fungsi yaitu dalam manajemen: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing), dan Pengawasan (Controlling)

1.2 Rumusan Masalah
Dalam penyusunan makalah pengantar manajemen  ini, penulis merumuskan beberapa masalah berhubungan  dengan pembahasan :
1.      Pengertian  Manajemen menurut para ahli
2.      Sejarah manajemen
3.      Prinsip-Prinsip dasar Manajemen
4.      Konsep dasar Manajemen
5.      Tingkatan Manajemen dan Proses Manajemen
6.      Fungsi-Fungsi Manajemen
7.      Elemen dasar Manajemen  dan Bidang-bidang Manajemen 
8.      Manajemen dalam berbagai aspek

1.3  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah dengan materi pengantar manajemen  ini yaitu sebagi berikut :
1.      Untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai manajemen dalam kehidupan 
2.      Dapat memahami bagaimana cara  memanage dalam berbagai bidang dan kehidupan sehari-hari.
3.      Untuk mengajarkan kita mengenai dasar-dasar manajemen 





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian  Manajemen Menurut Definisi Parah Ahli Manajemen
Manajemen berasal dari kata management (Bahasa Inggris), berasal dari kata “to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan karena munculnya para ahli para ahli manajemen , definisi manajemen berkembang menjadi banyak , berikut definisi manajemen menurut para ahli manajemen :
1.    Harold Koontz & O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul “Principles of Management” mengemukakan, “Manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain” (Dayat, n.d,p.6).
2.    George R. Terry dalam buku dengan judul “Principles of Management” memberikan definisi: “Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya” (Dayat, n.d,p.6).
3.    Ensiclopedia of The Social Sciences Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.
4.    Mary Parker Follet Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
5.    Thomas H. Nelson Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
6.    James A. F. Stoner Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2.2 Sejarah Manajemen
1.      Manajemen dapat dianggap sebagai suatu seni atau ilmu atau profesi.
2.      Manajemen sukses ada semenjak tahun 5000 SM dan berkembang terus sampai saat ini melalui pendekatan klasik, perilaku kuantitatif dan modern.
3.      Perkembangan terakhir manajemen berupa pemikiran tentang kriteria sukses dari perusahaan konsultan McKinsey.
4.      Sejarah manajemen abad ke 19
     
ü  Pada pertengahan abad 19, Robert Owen, Henry Poor, dan M. Laughin
dan lain lain
memperkenalkan elemen manusia dengan teori pelatihan, motivasi, struktur organisasi dan kontrol pengembangan pekerja.

ü  Pada akhir abad 19, pelaku ekonomi marginal Alfred Marshall dan Leon Wairas dan lainnya memperkenalkan lapisan baru yang kompleks ke teori manajemen. Pada 1990an manajer mencoba mengganti teori mereka secara keseleruhan berdasarkan sains.

5 . Sejarah manajemen abad ke 20
Teori pertama tentang manajemen yang lengkap muncul sekitar tahun 1920. Orang seperti Henry Fayol dan Alexander Church menjelaskan beberapa cabang dalam manajemen dan hubungan satu sama lain.

ü Peter Drucker menulis salah satu buku paling awal tentang manajemen terapan: "Konsep Korporasi" (Concept of the Corporation), diterbitkan tahun 1946. Buku ini muncul atas ide Alfred Sloan (chairman dari General Motors) yang menugaskan penelitian tentang organisasi.
ü H. Dodge, Ronald Fisher, dan Thorton C Fry memperkenalkan teknik statistika ke dalam manajemen. Pada tahun 1940 an, Patrick Blackett mengkombinasikan teori statistika dengan teori mikro ekonomi lahirlah ilmu riset operasi. Riset operasi, sering dikenal dengan "Sains Manajemen", mencoba pendekatan sains untuk menyelesaikan masalah dalam manajemen, khususnya di bidang logistik dan operasi.

2.3  Prinsip – Prinsip Dasar Manajemen
                Prinsip manajemen adalah dasar-dasar atau pedoman kerja yang bersifat pokok yang tidak boleh diabaikan oleh setiap manajer/pimpinan. Dalam prakteknya harus diusahakan agar prinsip-prinsip manajemen ini hendaknya tidak kaku, melainkan harus luwes, yaitu bisa saja diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Prinsip-prinsip manajemen terdiri atas :
1.      Pembagian kerja yang berimbang Dalam membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada semua kerabat kerja, seorang manajer hendaknya bersifat adil, yaitu harus bersikap sama baik dan memberikan beban kerja yang berimbang.
2.      Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas Setiap kerabat kerja atau karyawan hendaknya diberi wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan mempertanggung jawabkannya kepada atasan secara langsung.
3.      Kesatuan perintah Setiap karyawan atau kerabat kerja hendaknya hanya menerima satu jenis perintah dari seorang atasan langsung (mandor/kepala seksi/kepala bagian), bukan dari beberapa orang yang sama-sama merasa menjadi atasan para karyawan/kerabat kerja tersebut.
4.      Disiplin Disiplin adalah kesedian untuk melakukan usaha atau kegiatan nyata (bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya) berdasarkan rencana, peraturan dan waktu (waktu kerja) yang telah ditetapkan.
5.      Kesatuan arah Kegiatan hendaknya mempunyai tujuan yang sama dan dipimpin oleh seorang atasan langsung serta didasarkan pada rencana kerja yang sama (satu tujuan, satu rencana, dan satu pimpinan).
Jika prinsip ini tidak dilaksanakan maka akan timbul perpecahan diantara para kerabat kerja/karyawan. Karena ada yang diberi tugas yang banyak dan ada pula yang sedikit, padahal mereka memiliki kemampuan yang sama (Dayat,n.d,pp.7-9).
Manajemen adalah proses pencapaian tujuan melalui kerja orang lain. Dengan demikian berarti dalam manajemen terdapat minimal 4 (empat) ciri, yaitu:
1. Ada tujuan yang hendak dicapai
2. Ada pemimpin (atasan)
3. Ada yang dipimpin (bawahan)
4. Ada kerja sama.      

2.4 Konsep Dasar Manajemen
        Konsep Dasar Manajemen
1.      Manajemen adalah proses merencana, mengorganisasi, mengarah-kan, mengoordinasikan serta mengawasi kegiatan mencapai secara efisien dan efektif tujuan organisasi.
2.      Proses manajemen dilakukan oleh manajemen bawah, menengah dan puncak.
3.      Manajemen dalam pengertian orang menjalankan peranan melakukan hubungan pribadi, pemberi informasi dan pengambil keputusan.
4.      Manajemen harus berketerampilan konseptual, manusiawi, dan teknis.


2.5 Tingkatan Manajemen
a. Strategic control level
b.  Management control level
c.  Operational control level
1.      Manajer pada tingkat tertinggi hirarki organisasi , seperti direktur dan para wakil direktur, sering disebut berada pada tingkat perencanaan strategis. Bertanggung jawab atas pengelolaan organisasi secara keseluruhan. Menetaplan arah kebijaksanaan, membuat rencana dan sasaran jangka panjang, merumuskan strategi, menyusun prosedur operasional organisasi secara umum, serta menetapkan pedoman interaksi organisasi dengan lingkungannya. Jadi, manajer tingkat atas memerlukan informasi berupa ringkasan dari seluruh transaksi yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Informasi dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik, yang penting berupa informasi global dari seluruh transaksi yang terjadi.
2.      Manajer tingkat menengah mencakup manajer wilayah, direktur produk dan kepala divisi, berada pada tingkat pengendalian manajemen. Bertanggung jawab atas pengelolaan organisasi berdasarkan departementalisasi, wilayah, produk atau divisi. Merumuskan rencana dan sasaran operasional jangka menengah, merumuskan strategi, menyusun prosedur, melakukan pengendalian dan membuat keputusan operasional berdasarkan lingkup tanggung jawabnya. Jadi, manajer tingkat menengah memerlukan informasi berdasarkan divisinya. Khusus untuk departemen persedian barang, majer membutuhkan informasi rinci tentang produk yang laris, sehingga dapat dibuat perencanaan yang matang untuk menjamin persedian produk tersebut.
3.      Manajer tingkat bawah, mencakup kepala departemen, supervisor, pimpinan proyek, berada pada manajen tingkat pengendalian operasional. Bertanggung jawab atas pelaksanaan rencana dan sasaran operasional, membuat keputusan jangka pendek berdasarkan arah kebijakan, prosedur dan pedoman yang telah ditetapkan, serta mengendalikan transaksi harian. Jadi manajer tingkat ini membutuhkan informasi rinci dari pergerakan setiap transaksi agar dapat melakukan control terhadap proses tersebut.

2.6 Proses Manajemen 
Proses Manajemen
a. Input (sumber daya)
- Man, materials, money, machine, method, information

b. Proses
- Perencanaan : menilik tujuan dan cara pencapaian
- Pengorganisasian : pemenuhan tanggung jawab untuk pencapain tujuan
- Kepemimpinan : menggunakan pengaruh untuk memotivasi bawahan
- Pengendalian : mengawasi kegiatan dan melaksanakan koreksi

c. Output (kinerja)
- Mencapai tujuan, produk, jasa, efisiensi, efektivitas

2.7 Fungsi-Fungsi Manajemen 
Fungsi - Fungsi Manajemen terdiri dari :
l) Fungsi perencanaan
Pada hakekatrya perencanaan merupakan proses pengambilan keputusan yang merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan/tindakan-tindakan ekonomis dan efektif pada waktu yang akan datang. Pross ini memerlukan pemikiran tentmg apa yang perlu dikerjakan, bagaimana dan di mana suatu kegiatan perlu dilakukan serta siapa yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaannya.

2) Fungsi pengorganisasian

Fungsi Pengorganisasian dapat didefinisikan sebagai proses menciptakan hubungan-hubungan antara fungsi-fungsi, personalia dan faktor fisik agar kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.

3) Fungsi pengarahan

Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang menstimulir tindakan-tindakan agar betul-betul dilaksanakan. Oleh karena tindakan-tindakan itu dilakukan oleh orang, maka pengarahan meliputi pemberian perintah-perintah dan motivasi pada personalia yang melaksanakan perintah-perintah tersebut.

4) Fungsi pengkoordinasi

Suatu usaha yang terkoordinir ialah di mana kegiatan karyawan itu harmonis. terarah dan diintergrasikan menuju tujuan-tujuan bersama. Koordinasi dengan demikian sangat diperlukan dalam organisasi agar diperoleh kesatuan bertindak dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.

5) Fungsi pengawasan

Fungsi pengawasan pada hakekatnya mengatur apakah kegiatan sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang ditentukan dalam rencana. Sehingga pengawasan membawa kita pada fungsi perencanaan. Makin jelas. lengkap serta terkoordinir rencana-rencana makin lengkap pula pengawasan.                                
2.8  Elemen Dasar Manajemen
a.    Manajemen beroperasi melalui bermacam fungsi, biasanya digolongkan pada perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan/motivasi dan pengaturan.
b.    Perencanaan: memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan (hari ini, minggu depan, buland epan, tahun depan, setelah lima tahun, dsb.) dan membuat rencana untuk dilaksanakan
c.    Pengorganisasian: membuat penggunaan maksimal dari sumberdaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana dnegan baik Leading/Kepemimpinan dan motivasi: memakai kemampuan di area ini untuk membuat yang lain mengambil peran dengan efektif dalam mencapai suatu rencana
d.   Pengendalian: monitoring memantau kemajuan rencana, yang mungkin membutuhkan  perubahan tergantung apa yang terjadi

2.9 Bidang - Bidang Manajemen
   Bidang Manajemen
a.       Manajemen Sumber Daya Manusia.
b.      Manajemen Operasi atau Produksi
c.       Manajemen Strategi.
d.      Manajemen Pemasaran.
e.       Manajemen Keuangan.
f.       Manajemen Informasi Teknologi.

2.10 Manajemen Dalam Berbagai Aspek

Ø  Penerapan Manajemen dalam Dunia Kerja
Penerapan manajemen dalam dunia kerja mempunyai beberapa fungsi – fungsi diantaranya adalah :
1.      Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
2.      Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
3.      Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
4.      Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha .

a.       Penerapan Manajemen Dalam Kehidupan
Sifat dasar manusia yaitu selalu tidak pernah puas dengan apa yang telah ada maka manusia akan berusaha untuk mencari atau memperluas bahkan menambah usaha-usaha mereka dalam tujuan pokoknya yaitu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, contohnya banyak diantara karyawan swasta yang mempunyai berbagai usaha sampingan seperti contoh seorang pegawai swasta yang merangkap sebagai pengusaha toko pakaian atau butik.

b.      Manajemen Keuangan Perusahaan
Manajemen Keuangan adalh aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang semurah-murahmya dan menggunakannya se-efektif, se-efisien, seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Manajemen merupakan ilmu dan seni dimana terdapat 4 utama fungsi yaitu dalam manajemen: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing), dan Pengawasan (Controlling)
Demikian makalah yang dapat saya sajikan  mengenai materi Pengantar Manajemen  yang merupakan  pembahasan dalam makalah ini, dan tentu  masih terdapat  banyak kekurangan dan kesalahan, karena kurangnya  pengetahuan dan kurangnya mempelajari serta mereferensi yang ada hubungannya dengan materi makalah tersebut.





DAFTAR PUSAKA

Pohan, D 2009. Pengantar manajemen pendidikan pohan center press

www.id.wikipedia.org, 5 Nopember 2007

                  
http://chike-libra.blogspot.com/2010/01/pengantar-manajemen.html

http://luluk.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7568/Pertemuan%20pertama.ppt




Tidak ada komentar:

Posting Komentar